10 Hal Yang Dipelajari Dalam Ilmu Mekatronika/Robotik

November 30, 2018

Swiss German University – Pernahkah Anda mendengar tentang ‘Mekatronik’? istilah ini berasal dari negara Jepang. Awalnya nama ‘Mekatronik’ ini terdaftar sebagai merek dagang oleh perusahaan Yaskawa yang tidak bisa digunakan oleh public sampai tahun 1982. Sedangkan di Eropa istilah ini diadopsi oleh industri otomotif Jerman.

Sebenarnya, kata ‘Mekatronika’ adalah gabungan kata mekanik dan elektronik. Tak hanya itu, mekatronik juga mencakup ilmu komputer juga. Hal unik yang terdapat dalam mekatronik ini adalah aspek-aspek tertentu dari berbagai bidang ini bila digabungkan akan menciptakan suatu hal yang baru.

Mekatronika

Program Gelar Sarjana Mekatronika

Program gelar sarjana Mekatronika (Mechatronics Degree) atau bisa disebut jurusan robotik ini menawarkan pendidikan di bidang mekatronik dengan menekankan pada pendidikan ilmu Robotika. Para mahasiswa akan belajar prinsip-prinsip dasar dan ilmu-ilmu yang dibutuhkan seperti ilmu di bidang mekanika, elektronik, komputer, teknologi prosesor, teknologi sensor, dan teknologi aktuator. Para mahasiswa tidak membutuhkan pengetahuan teknis sebelumnya, mereka dapat memulainya dengan mempelajari hal-hal dasar tersebut.

Mahasiswa telah diajarkan cara memprogram robot industri sejak mereka berada di semester pertama. Kemudian, pada akhir studi nanti, para mahasiswa diharapkan bisa mengoperasikan bahkan mengembangkan robot mobile. Berikut beberapa ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan mekatronik.

  1. Pengetahuan khusus dalam mekanika elektronik, ilmu komputer, dan teknologi sensor.
  2. Pengetahuan mekatronik dan interelasi bisnis.
  3. Manajemen proyek yang holistik yang dimaksudkan untuk menggabungkan pengetahuan dasar berupa teknik mesin, elektro, dan komputer untuk kemudian diterapkan dalam desain dan optimalisasi system mekatronik.
  4. Menganalisa keterkaitan Mekatronika yang kompleks.
  5. Mengevaluasi dan menerapkan teknologi dan metode mekatronic terbaru.
  6. Membuat daftar dan membandingkan model dan konsep yang terkait dengan aplikasi yang paling penting.
  7. Atas dasar ilmiah yang sudah dipelajari kemudian menganalisa proses yang kompleks dalam sebuah perusahaan.
  8. Menganalisis struktur dan melaksanakan proyek dengan konsisten.
  9. Menerapkan pengetahuan dasar di kondisi hukum yang berlaku dalam bidang studi.
  10. Menunjukan kkompetensi di dalam metode yang dibutuhkan seperti pemecahan masalah atas dasar ilmiah, teknik kreatifitas, teknik pengambilan keputusan, perencanaan percobaan, dll.)

Mahasiswa lulusan jurusan Mekatronika Swiss German University dicetak untuk mampu menerapkan pemikiran yang berorientasi solusi untuk kepentingan pelanggan dan pengguna sistem Mekatronika yang merupakan aspek kunci dari program gelar sarjana Mekatronika /Robotika.

 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *